HBO Indo
Join HBOIndo

Kereta Api Blambangan Ekspres Resmi Layani Rute Jakarta-Banyuwangi

Banyuwangi – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan relasi baru Jakarta- Banyuwangi, Jum’at (26/7/2024). Kereta Api Blambangan Ekspres, yang sebelumnya hanya melayani rute Ketapang-Semarang Tawang, kini resmi memperpanjang perjalanan hingga Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Peresmian keberangkatan perdana dilakukan langsung oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, bersama Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa, pada Jumat (26/7) di […]

Banyuwangi – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan relasi baru Jakarta- Banyuwangi, Jum’at (26/7/2024). Kereta Api Blambangan Ekspres, yang sebelumnya hanya melayani rute Ketapang-Semarang Tawang, kini resmi memperpanjang perjalanan hingga Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Peresmian keberangkatan perdana dilakukan langsung oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, bersama Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa, pada Jumat (26/7) di Stasiun Ketapang. Dengan perpanjangan rute ini, KA Blambangan Ekspres kini menjadi kereta api dengan jarak tempuh terjauh yang dioperasikan oleh KAI, yakni sepanjang 1.031 kilometer.

Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa mengatakan, perpanjangan rute Blambagan Ekspres merupakan dukungan PT KAI terhadap perkembangan pariwisata di Banyuwangi. KAI berharap dengan adanya perpanjangan rute KA Blambangan Ekspres ini, kunjungan wisatawan ke Banyuwangi dan sekitarnya akan semakin meningkat.

“Ini merupakan komitmen kami dalam mendukung konektivitas ke beberapa destinasi pariwisata, sekaligus menjawab tingginya minat masyarakat, yang menginginkan adanya rute Banyuwangi Jakarta,” Ungkap Hadis, Jum’at (26/7/2024).

KA Blambangan Ekspres menyediakan dua kelas, yaitu eksekutif dan ekonomi new generation, dengan total kapasitas tempat duduk mencapai 408 kursi. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai Jakarta dari Banyuwangi adalah sekitar 16 jam 25 menit.

“Blambangan Ekspres berangkat dari Stasiun Ketapang Banyuwangi, pukul 14.50 WIB dan tiba di stasiun Pasar Senen pukul 07.15 WIB. Sedangkan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pada 12.15 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang Banyuwangi pukul 04.55 WIB,” jelas Hadis.

Bupati Ipuk mengatakan perpanjangan layanan KA Blambangan Ekspres bakal memberikan dampak positif kepada Banyuwangi. Selian jumlah kunjungan meningkat, berbagai aspek lainnya seperti ekonomi maupun sosial bakal itu meningkat.

“Perpanjangan rute kereta ini bisa menambah alternatif akses dari dan menuju Banyuwangi. Selain pesawat, dari Jakarta menuju Banyuwangi ada moda kereta api tanpa harus transit dan berpindah kereta,” jelas Bupati Ipuk.

Pada keberangkatan perdana, sebanyak 71 penumpang dari Stasiun Ketapang antusias menikmati perjalanan perdana ini. Sementara itu, total tiket yang terjual untuk keberangkatan dari Daop 9 Jember mencapai 278 tiket, atau sekitar 68% dari total kapasitas.

sumber: rri.co

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono

Sat Jul 27 2024

Subscribe for the latest from HBOIndo.


HBOIndo
  • Facebook HBOIndo
  • Instagram HBOIndo
  • Linkedin HBOIndo